masakan dari tahu

Produk Olahan Kedelai, Masakan dari Tahu

Tahu, tempe, kecap, tauco, hingga miso adalah makan olahan dari kedelai. Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang paling populer dari olahan kedelai masakan dari tahu. Tempe juga salah satu olahan fermentasi kedelai yang sangat populer di Indonesia. Tempe popular karena kaya akan protein dan zat gizi. Tahu dan Tempe merupakan kombinasi makanan yang paling umum dimakanan di Indonesia. Tempe bisa diolah menjadi tempe goreng, gorengan tempe, dan tumis tempe. Abad 18, dalam buku Serat Centhini dahulu kedelai yang digunakan adalah kedelai hitam yang kaya asam amino glutamat, namun kemudian beralih kedelai kuning berkat warnanya yang lebih menarik di mata masyarakat. Nama latin kedelai adalah Glycine Soja. Tahun 1750. kedelai mulai dibudidayakan di Indonesia ditanam di sawah. Kedelai ini sangat berpotensi dan mampu dijadikan sebagai salah satu bisnis kuliner. Akan ada banyak, malah memang ada sangat banyak jenis olahannya. Olahan kedelai yang biasanya dijadikan bisnis ini tempe, tahu, atau susu kacang kedelai.

Kedelai merupakan  salah satu jenis kacang-kacangan yang sumber gizi protein nabatinya banyak di konsumsi masyarakat di Indonnesia malah sampai dunia. Harga kedelai yang relatif murah dan ketersediaan kacang kedelai yang cukup melimpah, menjadikan kedelai diolah menjadi berbagai macam produk makanan.

Jangan khawatir, masakan dari tahu juga sama seperti olahan dari kedelain lain yang hampir semua kalangan, baik tua, muda, bahkan anak-anak pun juga pasti menyukai makanan populer dari kedelai ini. Berbagai olahan kreatif dengan rasa gurih yang lezat dan pastinya mengandung protein tinggi dapat dengan mudah ditemukan untuk lauk makan di pasaran. Dari kecap, susu kedelai, kembang tahu, soyghurt, tepung kedelai, dan tempe. Semuanya dapat diolah menjadi makanan nusantara yang beragam.

Baca Juga :  Aneka Kreasi Nasi: Cara Membuat Nasi Bakar

Tingginya permintaan pasar akan produk olahan kacang kedelai menjadi salah satu peluang untuk membuka usaha pengolahan kedelai. biaya investasi kacang kedelai yang kecil, Proses pembuatan olahannya yang mudah tetapi mendatangkan keuntungan yang besar menjadi daya tarik usaha ini.

Selain itu, usaha warung makan juga mendatangkan keuntungan karena yang makanan yang dijual kebanyakan dari olahan kedelai. Salah satu masakan di warung nasi adalah tempe orek. cara membuat tempe orek Praktis semua orang pun pasti bisa. Menu satu ini sangat cocok untuk dijual jadi usaha ataupun untuk lauk makan dirumah. Apalagi jika sedang dalam kondisi malas memasak, tempe orek pun tidak begitu sulit dimasak dan tidak memakan waktu lama.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • tempe
  • cabe merah keriting (sesuai selera, iris menyerong)
  • cabe rawit (sesuai selera, iris menyerong)
  • bawang merah (5 siung, iris tipis)
  • bawang putih (2 siung, iris tipis)
  • tomat (1 buah, potong menjadi beberapa bagian)
  • kecap manis (2 sdm)
  • asam jawa (dilarutkan ke dalam air dan tambahkan garam)
  • Gula dan Garam secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Cara memasak:

  1. Potong tempe membentuk dadu, atau potong balok panjang, jangan terlalu kecil dan tipis, ukuran sedang saja, atau bisa juga dipotong kecil seperti korek api. Rendam potong tempe sebelum digoreng ke dalam larutan asam jawa sambil menunggu, bisa tuang minyak di wajan. Panaskan minyak, kemudian goreng tempe hingga garing. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan kembali minyak, atau kalau tadi menggoreng tempe dengan banyak minyak, kurangi saja minyak bekas menggoreng tempe tadi, kemudian tumis cabe dan bawang, tumis hingga harum. Tumis sampai harum tambahkan garam halus dan gula, aduk rata kemudian masukkan tempe goreng, tambahkan kecap manis, aduk tempe dan kecap hingga rata. Tunggu sampai bumbu meresap, angkat dan sajikan.
Baca Juga :  Kumpulan Resep Jagung Manis yang Bisa Anda Coba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *